Friday, October 21, 2011

Biografi Gus Dur



The Authorized Biography of ABDURRAHMAN WAHID


Abdurrahman Wahid atau yang populer dengan sebutan nama Gus dur, merupakantokoh panutan yang sangat dihormati oleh banyak kalangan karena pengabdiannya kepada masyarakat, demokrasi dan Islam toleran. Sosoknya penuh teka-teki dan controversial sehingga pemikiran dan tindakannya sering disalah pahami oleh banyak kalangan. Dia dipuji oleh banyak kalangan, namun juga di cela oleh mereka yang tak mampu memahami jalan pikiran dan sikapnya. Akan tetapi penulis buku ini, Greg Barton, berhasil memotret dan menampilkan pemahaman yang utuh dan komprehensif tentang sosok Gus Dur kepada kita.
dalam banyak kesan, Gus Dur mungkin bisa digambarkan dengan kata-kata yang singkat saja: kompleks dan nyeleneh. oleh karena itu pribadi gusdur cenderung sulit untuk dipahami, terutama dalam satu sudut tafsir atas dua kata itu, tergantung siapa yang melihat dan memahami. Bahkan pada saat dia menjabat sebagai presiden RI, sempat muncul anekdot tentang 3 misteri Tuhan yang tidak bisa dipahami atau diketahui manusia sebelum hal itu terjadi, yakni jodoh kematian, dan Gus Dur. bagi orang awam dan pengikutnya, bahkan bagi ilmuwan yang intelek sekalipun, Gus Dur seringkali dilihat sebagai pribadi yang misterius, tak terduga dan weruh sak durunge winarah - sebuah kata-kata jawa yang memiliki makna sangat dalam.
akan tetapi bagi orang sinis Gus Dur akan dipahami sebagai orang yang suka memotong  jalan orang lain, mengobrak abrik barisan yang mapan, dan tidak jarang ngawur dan oportunis. Bagi seorang politisi, sikap nyeleneh gusdur barangkali akan dikaitkan dengan kepentingan politik diri dan kelompoknya. dan bagi intelektual yang berjarak, dia mungkin akan menilai gusdur sebagai pribadi yang baik dan bahkan sangat baik, dan terkadang ngawur dan sangat ngawur, tatpi memang punya kenekatan yang sangat luar biasa dalam hal-hal tertentu, terutama dalam situasi yang genting.
nah biografi Gus Dur besutan Greg Barton ini, yang menulis dengan penuh empati telah menyuguhkan pribadi Gus Dur yang apa adanya, atau Gus Dur yang rasional, atau Gus Dur yang kasatmata. Gus Dur yang apa adanya adalah Gusdur sebagai manusia biasa, yang terkadang sangat rasional penuh perhitungan, cerdas memiliki kesabaran, mampu menahan diri namun juga terkadanga merasa tertekan, merasa takut, punya ambisi, dan bahkan terkadang marah dan penuh emosi.
selamat membaca dan temukan keunikan dari seorang Gus Dur.,

No comments:

Post a Comment

trimakasih atas kunjungan dan komentar anda!!!